Jaminan Kualitas Kaos
Kaos Grosir dan Satuan
Kaos Sablon Murah
Kaos  Sablon DG
Sablon Satuan Berkualitas

MACAM-MACAM BAHAN KAOS YANG BIASA DIGUNAKAN UNTUK PRINT KAOS

Banyak sekali jenis kaos yang biasa digunakan utuk print kaos baik manual maupun digital (DTG). Bahan tersebut adalah jenis katun, cardet, polyester, TC (Tetoron cotton), viscose, CVC atau viscose dan hyget. Tentunya dari masing-masing bahan ersebut memiliki keunggulan dan keurangan jika digunakan untuk kaos print.
Dibawah ini akan kami jelaskan secara singkat mengenai jenis dari bahan untuk kaos print DTG :

1. Bahan Katun Combed

Bahan Katun terbuat dati 100 % serat kapas alami. Memiliki tekstur yang halus dan terasa dingin bla dipakai serta mudah menyerap keringat sehingga sangat nyaman saat digunakan. Serat benang yang dimlki begitu rata dan halus yang membuat penampilannya menjadi semakin rapi. Ada banyak jenis katun combed yang beredar dipasaran saat ini, antara lain katun combed jenis 20s, 24s dan 30s. Perbedaannya adalah ketebalan kain, semakn besar angkanya maka akan semakin tipis kain itu. Biasanya untuk kaos print DTG yang favorit saat ini menggunakan jenis katun combed 20s karena sangat nyaman digunakan dan harganyapun relatip terjangkau.

2. Bahan Cardet

Serat benangnya tidak sehalus kain katun, dikarenakan bahan cardet merupakan KW1 atau tiruan dari bahan katun combed, sehingga hasil rajutannya pun dinilai kurang rata dan kurang halus yang dapat menimbulkan penampilan dari kaos berbahan ini kurang bagus. Harganyapun lebih murah dari bahan katun combed karena bahan ini tiruan katun combed. Umumnya bahan ini digunakan sebagai kaos oblong untuk olah raga, seragam buruh pabrik dan sebagainya. Harap perhatikan ketika membeli kaos print dengan harga murah, dikarenakan kemungkinan menggunakan jenis bahan ini.

3. Bahan Polyester

Bahan Polyester disebut juga bahan sintetis ini dibuat dari bahan ester. Bahnnya lebih tipis dri bahan katun. Memiliki tekstur lebih kasar dan tidak dapat menyerap keringat sehingga kalau digunakan untuk kaos print bahan ini terasa panas dan tidak nyaman digunakan.

4. Bahan TC (Tetoron Cotton)

Bahan kaos ini merupakan kombinasi dari bahan polyester dan katun dengan perbandingannya 35 % bahan katun dan 65 % bahan polyester. Bahan TC ini tidak mudah menyerap keringat dikarenakan kombinasi dari bahannya masih lebih besar bahan polyester. Apabila digunakan untuk kaos print dan dipakai pada suhu ruangan panas, bahan ini tidak nyaman digunakan karena akan terasa panas. Namun kelebihannya adalah bahan ini tidakmudah kusut dan tidak melar walaupun sering digunakan.

5. Bahan Viscose
Bahan viscose sering dikenal dengan sebutan Bahan Rayon. Teksturnya mirip kapas, biasanya digunakan untuk menambah kenyamanan untuk serat sintetis juga untukmeningatkan kecerahan warna. Bahan ini terbilang cukup mahal dikarenakan memiliki tingkat kelembaban yang tinggi serta memiliki warna yang sangat cemerlang dan teksturnya terasa lebih lembut daripada kapas.

6. Cotton Viscove atau CVC
Bahan ini merupakan kombinasi dari 45 % viscose dan 55 % katun combed, dikarenakan kandungan katunnya lebih besar, bahan ini mudah menyerap keringat

7. Bahan Hyget
Bahan kaos print ini terbuat dari plastic sehingga harganyapun sangat murah. Bahan ini kurang nyaman untuk kaos print. Biasanya bahan jenis ini digunakan untuk kaos print saat kampanye dikarenakan keekonomisan dari harga bahan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *