Jaminan Kualitas Kaos
Kaos Grosir dan Satuan
Kaos Sablon Murah
Kaos  Sablon DG
Sablon Satuan Berkualitas

PERBEDAAN COTTON COMBED 20S, 24S, 30S DAN 40S

Apa sih perbedaan cotton combed 20S, 24S, 30S DAN 40S – perbedaan mengenai istilah – istilah diatas sebenarnya hanya dibedakan pada tingkat ketebalan dan rajutan pada bahan kainnya, dibedakannya hal tersebut didasarkan pada saat produksi pembuatan kain tersebut. Mengenai ketebalan pada kain tersebut dibedakan dengan symbol dan angka, semakin kecil angkanya maka akan semakin tebal kainnya, begitu pula sebaliknya, apabila angkanya semakin besar, maka semakin tipis kain/bahannya.

Sedangkan untuk yang didasarkan pada rajutannya, dilihat dari jumlah jarum, ada jarum tunggal dan jarum ganda. Namun kenyataannya terkadang tidak semua produsen menerapkan hal semacam itu, dikarenakan penilaian yang digunakan antara produsen berbeda-beda, demi menjaga ciri khas dan image dari produk yang dihasilkan. Namun prinsipnya adalah tetap sama, yaitu ketebalan, tekstur serta rajutan tunggal atau ganda.

ISTILAH NAMA DAN KODE PADA COTTON COMBED

Angka yang digunakan didasarkan juga pada tipe dan jenis benang yang digunakan pada proses produksi kain tersebut.

  • Cotton combed 20s
    Bahan kain ini memiliki gramasi 180 sampai 220 gr/m2, sedangkan jenis rajutan adalah rajutan tunggal.
  • Cotton combed 24s
    Bahan kain ini memiliki gramasi 170 sampai 210 gr/m2, sedangkan jenis rajutan adalah rajutan tunggal.
  • Cotton combed 30s
    Bahan kain ini memiliki gramasi 140 sampai 160 gr/m2, sedangkan jenis rajutan adalah rajutan tunggal.  Apabila menggunakan rajutan ganda, gramasinya akan mencapai 210 sampai 230 gr/m2
  • Cotton combed 40s
    Bahan kain ini memiliki gramasi 110 sampai 120 gr/m2, sedangkan jenis rajutan adalah rajutan tunggal. Apabila menggunakan rajutan ganda, gramasinya akan mencapai 180 sampai 230 gr/m2

ISTILAH HURUF “S” PADA BAHAN COTTON COMBED

Huruf ‘S’ berarti SINGLE KNIT, dimana rajutan yang digunakan adalah jarum tunggal. Karakteristik jarum tunggal memiliki bahan kain yang rapat, padat, dan keras (tidak lentur). Sedangkan pada karakteristik jarum ganda biasanya kain yang dihasilkan lebih kenyal, renggang rajutannya, dan lentur sehingga baik digunakan untuk sehari – hari. Adapun rajutan jarum ganda memiliki simbol ‘d’, yang berarti DOUBLE KNIT. Kaos pada umumnya menggunakan katun combed dengan ketebalan yang tinggi yaitu 20s atau 30s.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *